Tren
belanja online kini sedang digandrungi oleh masyarakat tidak terkecuali di
Indonesia. Karena itu berbisnis e-commerce menjadi hal sangat
menggiurkan sekarang ini untuk digeluti. Lantas apa saja langkah yang dapat
dilakukan untuk membangun sebuah e-commerce menjadi berkembang
dan sukses.
Yasunobo
Hashimoto director Rakuten Belanja Online mengatakan, untuk membangun sebuah e-commerce yang
sukses diperlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah
memastikan kepuasan pelanggan atau konsumen.
"Kita
harus berpandangan dari perspektif konsumen dengan memposisikan diri layaknya
seorang konsumen. Dengan begitu kita akan memahami hal apa saja yang dibutuhkan
konsumen," ucap pria yang biasa disapa Yas kepada Okezone saat
diwawancarai di kantor Rakuten, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).
Rakuten
sendiri memiliki motto atau tagline yang dinamakan Omotenashi. Dalam bahasa Indonesia,
menurut Yas, Omotenashi diartikan sebagai "keramahtamahan". Artinya
sebagai seorang pebisnis, harus selalu memberikan layanan dan service yang
optimal kepada pelanggan.
Selain
itu, seseorang yang hendak membangun sebuah e-commerce yang
sukses juga harus mengetahui bagaimana cara me-manage website, me-maintain,
dan membuat pengingkatan trafik yang bagus terhadap web itu sendiri.
Sependapat
dengan Yas, Director of Rakuten Asia, Masaya, menyatakan pasar e-commerce akan
sangat berkembang di tahun-tahun mendatang. Potensi uang yang dapat digali
sangat besar. “Orang Indonesia berusia 16-44 tahun
menghabiskan lebih dari separuh waktunya pada gadget. Maka tak heran mobile
ecommerce kini meningkat,” ungkap Masaya
Sehingga
untuk membuat sebuah e-commerce sukses, merchant atau pedagang
harus mampu membaca tren yang sedang terjadi. Hal itu dapat dilakukan dengan
teknologi seperti data analytic. "Berbekal tren pasar dan perilaku
konsumen, bisnis dapat membuat penawaran yang unik dan mengembangkan strategi
efektif," demikian Masaya.
Berbisnis e-Commerce, menggiurkan bukan? :)
Komentar
Posting Komentar