Langsung ke konten utama

HALOBPOM500533 | Tugas Kuliah

Assalammu’alaykum, Teman!!!

Di tulisan kali ini pengen cerita tentang Layanan Contact Center HALOBPOM500533. Layanan Contact Center ini merupakan perwujudan Komitmen Open Government Badan POM  terhadap pelanggan dan Implementasi UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Badan POM serta memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui peningkatan akses masyarakat terhadap informasi terkait obat dan makanan dimana masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi maupun melakukan pengaduan ke Badan POM.

HALOBPOM500533 dilaunching oleh Kepala Badan POM pada tanggal 5 Februari 2014. Pengelolaan Contact Center dilakukan secara berkoordinasi antara PIOM- Biro Hukum dan Masyarakat (ULPK). Waktu pelayanan pada hari kerja: pukul 08.00  WIB sd 18.00 WIB. Di luar jam, dialihkan pada telepon seluler 24 jam.

Peluncuran contact center HALOBPOM500533 ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan proses outward looking Badan POM dalam rangka memenuhi harapan masyarakat terhadap layanan publik dan pengaduan tentang produk obat dan makanan, seperti: kemudahan aksesibilitas, setiap waktu, kapanpun dan melalui saluran apapun, dilakukan dengan benar saat interaksi pertama (Do it right the first time), kemudahan bertransaksi, sopan, profesional, ceria dan petugas yang berpengetahuan, langsung ditangani, tidak ditunda-tunda, pelayanan yang konsisten dan menepati janji yang diberikan, serta memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Sejak awal diluncurkan, HALOBPOM500533 mendapat sambutan baik dari masyarakat. Para penelpon antara lain apoteker, dokter, tenaga kesehatan lain, ibu rumah tangga, karyawan, pelajar/mahasiswa, pelaku usaha, sarjana hukum, wartawan, LSM dan masyarakat umum lain. Jumlah penelpon terbanyak adalah karyawan.

Jenis komiditi yang ditanyakan pun beragam meliputi pengaduan maupun informasi seputar obat, makanan dan minuman, obat tradisional, kosmetika, suplemen makanan, NAPZA, bahan berbahaya, alat kesehatan dan informasi umum lain.

Melalui peningkatan akses terhadap keterbukaan informasi Badan POM kepada masyarakat oleh HALOBPOM500533, produsen obat dan makanan juga dapat memperoleh informasi yang tepat dan benar sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkannya dan mampu bersaing di pasar secara sehat. Diharapkan dengan pemberian informasi seperti ini akan memberikan dampak positif pada  peningkatan daya saing usaha bagi sektor swasta, terutama sektor usaha kecil dan menengah.

Contact center HALOBPOM500533 dibangun dengan menggabungkan beberapa bentuk pelayanan informasi publik yang mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat dari berbagai penjuru dengan menyediakan bermacam-macam jenis pelayanan antara lain interaksi melalui telepon (call), fax, email, sms dan datang langsung. Demi pelayanan terbaik kepada masyarakat juga, panggilan abandon call yang masuk akan dihubungi kembali oleh petugas contact center Badan POM.

So, teman-teman.. Apabila ada pengaduan atau membutuhkan informasi terkait masalah obat dan makanan, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami di HALOBPOM500533 maupun sms ke 081.21.9999.533 dan email ke halobpom@pom.go.id atau datang langsung ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM di Jalan Percetakan Negara No.23 Jakarta Pusat.



Wassalammu'alaykum..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring dan Evaluasi UMKM | Tugas Kuliah

Seminggu ini saya bersama dengan 4 teman melakukan observasi ke sarana UMKM di Pekanbaru. Berangkat ke Pekanbaru pada hari Senin pukul 14.00 tiba menjelang pukul 18.00, langsung melanjutkan perjalanan ke hotel.  Pada hari berikutnya kami mengunjungi Balai Besar POM di Pekanbaru, karena pada hari itu akan dilakukan pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi pasca bimbingan teknis UMKM tentang keamanan pangan yang telah diberikan oleh Badan POM beberapa bulan silam. Tepat pukul 08.00 kami telah tiba di Balai POM. Ada 4 peserta yang telah hadir di tempat acara. Peserta yang hadir pada acara pengisian kuesioner itu adalah pemilik/penanggung jawab/karyawan yang datang pada saat bimtek. Jumlah UMKM yang diundang adalah sebanyak 42 UMKM pangan di Pekanbaru. Peserta yang diundang bimtek adalah UMKM yang telah memiliki nomor izin edar P-IRT dari dinkes atau MD dari Badan POM. Adapun peserta yang di Pekanbaru belum ada yang memiliki nomor MD yang dikeluarkan oleh Badan POM. Hingga selesa...

Kita dan PAY

Assalammu’alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh.. Apa kabar? Lama tak dipertemukan Allah dalam kesempatan yang sama ya? Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan berada dalam lindungan-Nya. Aamiin.. Oh ya, terakhir kita ketemu rame-rame mungkin waktu event #BukberAkbarPAY ya? Atau ada juga yang kemudian hadir pada #GatheringPAY ? Klo pada event #QurbanviaPAY kita menggawangi proses penyembelihan qurban di wilayah kita masing-masing. Ada yang di PAY Jakpus, PAY Jaksel, PAY Jaktim, PAY Jakbar maupun PAY Jakarta Utara. Tapi kita tetap satu: PAY and Do IT! :) Cerita dong kamu memilih masuk komunitas PAY ini karena apa sih? *hening Loh, koq ga ada yang mau cerita sih? #pundung #eh #enggakding :p Malam ini terkenang kembali kisah Sang Nabi. Tentang Beliau yang merupakan anak yatim dan betapa cintanya beliau kepada anak yatim. Teringat pada sabda Beliau.. "Aku dan orang yang menyantuni anak yatim kelak di surga akan bersamaku seperti ini (Rasulullah menyandingkan jari t...

Kita harus bagaimana?

Siang ini, aku mencoba mengecek WhatsApp-ku.. Ya, sudah beberapa hari aku tak mengaktifkan paket datanya. Tanpa diduga aku diinvite ke grup "Big Fam #WBT 12".. Aku patut bersyukur diinvite di grup ini. Mengapa demikian? Karena mereka in yang bergabung adalah orang2 hebat. Bukan tidak mungkin aku akan ketularan hebatnya mereka.. Aamiin.. :) Oh iya,, di grup ini aku belum bicara sama sekali. Hehehe.. Masih menyimak. Karena memang bahan obrolan di sini seakan tidak ada habisnya.. Hingga sampai kepada giliran Mas Dinar, sang lead fasilitator sharing pengalamannya sebagai trainer lalu ada yang bertanya "Apa kata2 motivasi dari Pak Jamil Azzaini yang berkesan banget buat Mas Dinar?" Lalu apa jawabnya? Mau tau aja atau mau tau banget??? Ayo penasaran dooong.. #eh #maksa :p Hehehe.. Mas Dinar menjawab: Pak Jamil Azzaini pernah berkata "jika kita menjadi generator listrik yang memiliki tegangan kecil, maka energi daya sebarnya pun kecil. Jika kita ...