Langsung ke konten utama

Monitoring dan Evaluasi UMKM | Tugas Kuliah

Seminggu ini saya bersama dengan 4 teman melakukan observasi ke sarana UMKM di Pekanbaru. Berangkat ke Pekanbaru pada hari Senin pukul 14.00 tiba menjelang pukul 18.00, langsung melanjutkan perjalanan ke hotel. 

Pada hari berikutnya kami mengunjungi Balai Besar POM di Pekanbaru, karena pada hari itu akan dilakukan pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi pasca bimbingan teknis UMKM tentang keamanan pangan yang telah diberikan oleh Badan POM beberapa bulan silam. Tepat pukul 08.00 kami telah tiba di Balai POM. Ada 4 peserta yang telah hadir di tempat acara. Peserta yang hadir pada acara pengisian kuesioner itu adalah pemilik/penanggung jawab/karyawan yang datang pada saat bimtek. Jumlah UMKM yang diundang adalah sebanyak 42 UMKM pangan di Pekanbaru. Peserta yang diundang bimtek adalah UMKM yang telah memiliki nomor izin edar P-IRT dari dinkes atau MD dari Badan POM. Adapun peserta yang di Pekanbaru belum ada yang memiliki nomor MD yang dikeluarkan oleh Badan POM. Hingga selesainya acara pada pukul 12 siang, peserta yang hadir hanya berjumlah 39 orang.

Acara pengisian kuesioner dibuka oleh Bapak Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru. Selanjutnya para peserta dipandu untuk mengisi kuesioner berjumlah 11 halaman yang telah dibagikan pada saat registrasi untuk dibaca terlebih dahulu. Saya dan teman-teman saya yang bernama Mbak Dyas dan Rio berkeliling ruang rapat, guna memastikan kuesioner tersebut terisi semua dengan benar. Menjelang pukul 12 siang, sebagian besar kuesioner telah selesai diisi. Sebelum para peserta dipersilahkan pulang, kami sekali lagi memeriksa kelengkapan isian jawaban. Beberapa peserta yang datang terlambat dikumpulkan bersama dan mendapat panduan cara mengisi kuesioner tersebut.

Pada hari ke-3 di Pekanbaru kami dibagi ke dalam dua tim melakukan observasi langsung ke sarana. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memastikan apakah materi yang disampaikan pada saat bimtek terkait hygiene dan sanitasi telah diimplementasi dalam proses produksi. Sarana UMKM yang mempunyai nilai baik akan difasilitasi mendapat sertifikat halal oleh Badan POM.

Kegiatan bimtek dan observasi tersebut bertujuan agar UMKM khususnya yang bergerak di bidang pangan di Indonesia dapat meningkat daya saingnya dalam menghadapi tantangan harmonisasi ASEAN pada tahun 2015 mendatang.

Hari kamis, saya telah masuk kantor kembali. Menginput data-data kuesioner yang diisi para pengusaha UMKM dan kuesioner observasi sarana yang diisi oleh enumerator dari Badan POM, menscan label dan mengumpulkan foto-foto sarana yang berhasil dikunjungi.

Dari data kuesioner diketahui rata-rata modal yang dimiliki oleh UMKM adalah 500 ribu – 50 juta dan sangat mengharapkan bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah dengan sebagian besar hanya mempunyai 1-4 orang karyawan. Ada juga yang skala usahanya sudah lumayan besar dengan omzet 3 miliar setahun yaitu usaha bolu kembojo, bolu khas Pekanbaru. Rasanya enak dan kemasannya juga menarik. Namun yang sangat disayangkan adalah temuan bahwa lantai tempat UMKM tersebut berproduksi sangat kotor.


Semoga dengan dilakukannya pendampingan dari Badan POM dan kementerian terkait lain membuat UMKM pangan khususnya dan UMKM pada umumnya dapat meningkat daya saingnya dibandingkan dengan produk-produk dari luar negeri. Sehingga mampu menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan tidak menutup kemungkinan bisa bersaing juga di luar negeri. Aamiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Youtuber Indonesia | Tugas Kuliah

Lucu dan pasti seru ya kalau para pembuat konten yang diunggah ke media social You Tube, bertemu dan berkumpul dalam satu kesempatan yang sama. Hal tersebut terjadi akhir-akhir di sebuah café di Jakarta. Kita simak keceriaan mereka yuukkk.. Silakan teman-teman simak artikel yang saya share di bawah ini. J Sebuah kafe di Kawasan Terpadu Sudirman pada hari Jumat (26/12/2014) malam menjadi lokasi perhelatan YouTube Happy Hour Jakarta. Di sana berkumpul para pencipta konten berupa video   online   yang biasa diunggah di layanan berbagi video YouTube dari dalam negeri. Dalam acara tersebut berkumpul para pembuat video, seperti Benazio Rizki Putra atau lebih dikenal dengan Benakribo, Bayu Skak, duet Usama dan Harun dari Duo Harbatah, serta kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez yang dikenal sebagai skinnyindonesian24 .   Selain para pembuat konten dengan pengikuti berjumlah puluhan hingga ratusan ribu, acara tersebut juga dihadiri oleh para pembuat konten baru yang baru m

Ikut Serta dalam Penyusunan Anggaran TA 2015 | Tugas Kuliah

Assalammu'alaykum warohmatullah.. Di penghujung September dan penghujung tahun pula. Peningkatan pekerjaan mulai menunjukkan pergerakan. Sepertinya minggu ini saja, menyambut pergantian tahun anggaran 2015, saya dilibatkan dalam proses penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran-Kementerian dan Lembaga atau yang biasa disingkat dengan RKAK/L di Bogor bersama perwakilan seluruh unit kerja Badan POM dan Balai seluruh Indonesia. Dalam menyusun anggaran untuk tahun berikutnya, tempat saya bekerja dalam hal ini Badan POM harus diperkuat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Badan POM memiliki tiga Kedeputian yaitu Kedeputian I, Kedeputian II, dan Kedeputian III. Selain itu ada Kesestamaan dan Balai Besar/Balai POM di 33 propinsi. Saya bekerja di Kedeputian III Badan POM yaitu Kedeputian Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya. Kedeputian kami ini sering menjadi objek penderita (halah). Maksudnya sering menjadi tempat pertanyaan salah sasa